Kesawan Square Jalan Tertua Yang Ada Di Medan, Sumatera Utara

bagikan

Kesawan Square merupakan Landmark Kota Medan yang merupakan kawasan tertua, wisatawan dapat melihat bangunan bergaya arsitektur kolonial.

Kesawan-Square-Jalan-Tertua-Yang-Ada-Di-Medan,-Sumatera-Utara

Dulunya, Kesawan merupakan kawasan pecinaan atau kampung yang dihuni oleh etnis Tionghoa. Kesawan menjadi pusat perdagangan di Kota Medan dan Sumatera pada masa pemerintahan kolonial Belanda, lantaran lokasinya strategis dekat pusat kota serta Pelabuhan Belawan.

Sejarah Jalan Kesawan Square

Kesawan merupakan jalan tertua dan pusat pemukiman masyarakat Cina. Sebagian besar adalah kuli Cina yang semula bekerja di Pekan Labuhan. Saat kontrak kerja sudah habis dan modal sudah terkumpul, mereka pindah ke kota dan mulai berdagang. Dijelaskan dalam catatan mereka, pada tahun 1590-1837 di kawasan Jalan Kesawan terdapat banyak sawah serta rumah dan kedai yang berderet. Serta ada Masjid Bengkok yang sekarang berada di Jalan Masjid. Kemudian jalan setapak di kawasan tersebut mulai di perkeras dengan batu dan rumah kedai dibangun dengan menggunakan bahan papan.

Pada tahun 1889 sempat terjadi kebakaran besar yang menghancurkan 67 rumah dan toko dari bahan kayu. Setelah kebakaran tersebut, dilakukan pembangunan dalam tempo cepat untuk menggantikan bangunan-bangunan yang telah terbakar dengan bangunan yang terbuat dari bata. Kesawan semakin berkembang pesat dengan munculnya bangunan rumah tinggal dan toko, pemerintahan, perdagangan, dan pusat hiburan. Pada tahun 2013, jalan Kesawan yang berubah menjadi nama Jalan Ahmad Yani berfungsi sebagai pusat perdagangan dengan ruko dua lantai.

Kesawan Dijuluki The Kitchen Of Asia

Kesawan-Dijuluki-The-Kitchen-Of-Asia (1)

tempat yang sudah tak asing bagi penduduk Kota Medan, merupakan sebuah daerah khusus yang terletak di pusat kota. Menawarkan arsitektur yang merupakan peninggalan masa penjajahan, tempat ini telah diubah menjadi tujuan wisata Kota Tua Medan yang memikat. Terletak di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Medan Barat travelingaja.com.

Destinasi Wisata Di Kawasan Kesawan Square Kota Medan

Kota Medan Menyimpan segudang potensi wisata untuk masyarakat dan para pelancong yang datang dari luar kota. Ada banyak tempat yang berfungsi untuk panorama, kuliner, edukasi, belanja, olahraga, sampai rekreasi. Berikut lima destinasi wisata di kawasan Kesawan Medan:

  1. Lapangan Merdeka, Lapangan Merdeka atau sering disebut juga Merdeka Walk adalah tempat rekreasi yang paling direkomendasikan untuk dikunjungi karena berada tepat di pusat Kota Medan dan diapit gedung-gedung pemerintah mulai kantor Walikota Medan, DPRD Kota Medan, DPRD Provinsi Sumatera Utara sampai Bank Indonesia.
  2. Kantor Pos Medan, Kantor Pos Besar Medan adalah kantor pos pusat di Kota Medan yang masih beroperasi sampai hari ini dalam pengiriman surat-menyurat. Aktivitas di dalamnya pun tak lepas dari hiruk pikuk kurir pada umumnya.
  3. Gedung Warenhuis, Gedung Warenhuis yang menyimpan nilai-nilai sejarah itu ternyata juga dimanfaatkan sejumlah komunitas fotografi untuk memotret desain dan arsitektur dalam bangunan yang unik ala gedung klasik Eropa di tahun 1800-an.
  4. Rumah Tjong A Fie, Rumah Tjong A Fie atau sering disebut Tjong A Fie Mansion adalah salah satu destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi untuk menikmati jejak historis salah satu filantropis berpengaruh di Kota Medan pada zamannya.
  5. Kesawan City Walk, Yang menarik dari Kesawan City Walk adalah totalitas pemerintah dalam menyuguhkan hiburan buat masyarakatnya, dimana ruas jalan Ahmad Yani akan ditutup sementara. Masyarakat bisa berjalan kaki (pedestrian) di sekitar daerah Kesawan sambil mengagumi gedung-gedung tua yang disorot lampu-lampu hias.

Baca Juga: Museum Perjuangan TNI Di Provinsi Sumatera Utara, Kota Medan

 

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *