Makanan Sabang Dengan Khasnya & Paling Populer Di Wisatawan

bagikan

Makanan Sabang – Istilah dari sabang sampai marauke adalah perwakilan dari betapa beragamnya Negeri Indonesia, melalui istilah itu bahwa keberagaman di mulai dari “Sabang”.

Makanan-Sabang-Dengan-Khasnya-&-Paling-Populer-Di-Wisatawan

Sabang terkenal karena wisata alam lautnya yang memesona Pulau Rubiah dan Tugu 0 Kilometer merupakan dua destinasi incaran yang tak pernah sepi dari wisatawan. Disini juga menawarkan berbagai macam kuliner khas yang lezat. Saat kamu berkunjung ke sini, inilah rekomendasi kuliner khas yang terkenal di Sabang:

Makanan Sabang Terpopuler – Rujak Kilometer Nol

Kuliner khas Sabang yang legendaris dan terpopuler ini adalah rujak buah kilometer nol. Terbuat dari berbagai buah-buahan, kacang tanah, gula aren, dan cabai, makanan ini bisa dinikmati di Tugu Kilometer Nol Indonesia. Selain rasanya yang sangat segar, kuliner ini juga sehat karena bahan utamanya buah, buah Rumbia ditambahkan dalam sambal rujak dan giling halus dengan gula aren dan cabainya. Membuat sambalnya sedikit sepat namun tetap terasa nikmat apalagi saat buah-buahan dicocol dengan sambal.

Sate Gurita Khas Sabang

Saat kamu ke Sabang tanpa menikmati Sate Gurita, itu terasa sangat tidak lengkap karena di Sabang lebih terkenal Sate Gurita daripada sate jenis lain. Daging gurita yang kenyal dan alot menjadi ciri khas yang tidak boleh terlewatkan. Biasanya dimakan dengan lontong juga sambal bumbu padang atau sambal kacang. Biasanya satu porsi ini harganya Rp10.000. Tentu saja menu satu ini menjadi rekomendasi untuk para wisatawan cobain.

Baca Juga: Tradisi Aceh Yang Masih Di Lestarikan Sampai Saat Ini

Mie Sedap

Mie Sedap bukanlah terbuat dari mie instan melainkan sebuah warung mie yang terletak di Jalan Pedanggangan, Kota Sabang. Warung ini sudah ada sejak zaman dulu. Mie di sini dibuat sendiri dengan menggunakan resep turun-temurun dan tanpa bantuan mesin. Terbuat dari tepung terigu dan telur tanpa bahan pengawet, makanya biasanya dijual untuk sekali habis saja. Mie Sedap disajikan dengan daging ikan olahan dan daun seledri dengan tambahan kaldu ayam yang panas dituangkan di dalam mangkuk Mie Sedap ini. Warung ini buka di jam 08.30 hingga 12.00 WIB dan pukul 19.00 hingga 22.00 WIB. Biasanya lebih sering buka di malam hari dan libur saat hari minggu.

Makanan Sabang – Mie Jalak

Makanan-Sabang---Mie-Jalak

Mie Jalak juga mempunyai rasa yang juga unik, warnanya yang kekuningan dengan kuah bening yang biasanya dicampur dengan tauge, daun bawang serta ditaburi daging ikan yang dipotong dadu. Mie jalak biasa dijual di Toko Pulau Baru di Jalan Pedanganan di Kota Sabang. Nama Mie ini sendiri karena nama pembuat pertamanya bernama Pak Jalak. Walaupun isian mie ini sederhana namun rasa mie ini sangat nikmat. Untuk satu porsi penuh Mie Jalak harganya sekitar Rp10.000. Jika kamu ingin tambahan telur tinggal tambah dan bayar Rp2.000. Warung ini buka di jam 08.00 sampai 12.00 WIB dan kembali buka pada pukul 16.30 sampai 22.00 WIB. Di akhir pekan warung ini sangat ramai. Makanya, kamu datang harus lebih awal jika tidak ingin mengantre lama.

Nah itu dia beberapa Informasi kulineran Sabang yang wajib dan sangat rekomendasi buat kamu yang lagi jalan-jalan di Provinsi Sumut. Selengkapnya kamu bisa klik link ini untuk melihat resep lainnya mengenai Kulineran Indonesia.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *