|

Istana Maimun – Sejarah Yang Menjadi Ikon Kota Medan

bagikan

Istana Maimun adalah tempat legendari ter populer di kota Medan. Lokasinya di Jalan Brigjend katamso No. 66, A U R, Kecamatan Medan Mainun, Sumatera Utara.

Istana-Mainun - -Sejarah-Yang-Menjadi-Ikon-Kota-Medan

Di wilayah Indonesia dulunya merupakan sebuah kerajaan, mulai dari kerajaan dengan corak Hindu-Budha sampai kerajaan Islam. Kerajaan tersebut meninggalkan berbagai bangunan yang ada sampai saat ini salah satunya yaitu sejarah Istana Maimun. Istana ini adalah bukti sejarah peninggalan Kerajaan Kesultanan Deli yang berpusat di Sumatera Utara.

Sejarah Istana Maimun

Istana Maimun didesain oleh arsitek Capt. Theodoor van Erp yang merupakan seorang tentara Belanda yang lahir di Ambon. Istana ini dibangun atas perintah dari Sultan Deli yaitu Sultan Ma’moen Al Rasyid. Pembangunan dimulai pada tanggal 26 Agustus 1888 dan selesai pada tanggal 18 Mei tahun 1891. Memiliki luas sebesar 2.772 meter persegi dan terdapat 30 ruangan. Selain itu juga terdiri dari 2 lantai dan memiliki 3 bagian, diantaranya adalah bangunan induk, bangunan sayap kiri dan bangunan sayap kanan. Bangunan ini menghadap ke arah Timur dan pada sisi depan terdapat bangunan Masjid Al-Mashun atau namanya lebih dikenal dengan sebutan Masjid Raya Medan.

Dalam sejarah yang ada Istana ini dulunya terhubung dengan Masjid Raya Al Mahsun yang sebagai tempat ibadah dan Taman Sri Deli merupakan tempat untuk bersantai-santai. Dan Istana Maimun merupakan pusat pemerintahan Kesultanan Deli. Sekarang tempat ini menjadi wisata bersejarah sebagai pengingat kejayaan Kesultanan Deli. Masuk ke sini cukup membayar Rp 10.000 saja per orangnya.

Baca Juga: Wisata Kuliner Medan Terpopuler & Bikin Ketagihan

Fakta Unik

Fakta-Unik

Dibangun selama tiga tahun pada masa kolonial Belanda. Juga menjadi tempat iconik di kota Medan bangunan bersejarah ini memiliki fakta unik sebagai berikut:
  • Baju Khas: Saat berwisata ke sini, para pengunjung dapat menjadi ratu dan raja dengan membayar sewa pakaian khas Melayu dan berfoto di replika singgasana istana ini.
  • Corak yang sangat khas: Yaitu perpaduan antara dominasi warna kuning khas Melayu, perabotan, lantai dan tangga dari Eropa, serta gerbang khas India.
  • Tempat yang luas: Dari istana ini menjadikan destinasi wisata yang memuaskan. Secara keseluruhan, istana ini memiliki 30 ruangan. Dan juga luas sebesar 2.772 meter persegi.
  • Dalam Istana Maimun: Terdapat Meriam Puntung yang dipercaya sebagai senjata perang yang sakti karena menjadi jelmaan putri hijau bernama Mambang Khayali asal Kerajaan Deli.

Sekilas Informasi mengenai Istana Maimun di Kota Medan, Sumatera Utara. Untuk informasi lainnya tentang rekomendasi Destinasi Wisata Kamu bisa klik di laman resmi kita

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *